Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci

Loading...

Loading...
Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci- Pernahkan mendengarkkan suara Kacer Poci yang sekarang ini sedang sangat terkenal di dunia para kicau mania? Kacer Koci atau yang dikenal juga dengan nama Kacer Poci ini memiliki Dada Putih merupakan salah satu jenis burung petarung yang banyak ditemukan di hutan-hutan di kawasan Pulau Sumatera. Gaya paling Eksotik bagi burung kacer adalah ketika mengeluarkan suara suara merdu isian disertai dengan tarian ngobra pada saat diadu, serta memiliki sifat yang agresif. Burung yang satu ini bahkan memiliki penggemar yang begitu banyak. Selain itu burung Kacer Poci juga kerap terlihat di berbagai event kejuaraan dan kontes latber, karakter yang dimiliki burung kacer dada putih ini juga dianggap cocok untuk memaster atau melatih kicauan jenis burung lain. Variasi lagu yang mampu ditirukannya juga tidak kalah jika dibandingkan dengan burung pekicau lainnya.

Sebagai burung pekicau, Kacer Koci sangat mudah dikenali secara fisik dari adanya perpaduan warna yang sangat khas pada bulunya yaitu hitam mengkilat dan putih. Pada dasarnya Kacer Poci tidak datang sendiri. Dengan kata lain, kepopuleran-nya tersebut juga disandang saudaranya, yakni Kacer Hitam atau yang biasa dikenal Kacer Jawa. Hanya saja sebagian banyak penghobi berpendapat, bahwa suara kacer sekoci dinilai lebih mempunyai keunggulan yang mana kacer dengan warna dada putih ini dianggap lebih memiliki suara kristal.

Sementara itu wilayah penyebaran terbanyak jenis kacer ini meliputi negara Thailand bagian selatan, Semenanjung Malayasia hingga Indonesia. Di Tanah Air sendiri, jenis burung ini paling banyak bisa ditemui di pulau Sumatera, Nias, Belitung, Jawa, Kalimantan hingga bali. Dibeberapa tempat, kacer memiliki nama panggilan yang berbeda seperti di jawa barat disebut dengan kacer priangan, kemudian di kalimantan disebut kacer bulan. Baca juga Merawat Kacer Mabung.

http://caramerawatmuraibatu.blogspot.com/2016/08/mengenal-lebih-dalam-burung-kacer-poci.html
Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci

Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci


Ciri-ciri Burung Kacer Poci

Beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki oleh Burung Kacer Poci jantan maupun betina diantaranya:

a. Memiliki warna bulu hitam mengkilat, baik di bagian kepala hingga ke bagian dada dan di bagian punggung.

b. Dinamakan Kacer Poci karena memiliki warna putih di bagian perut hingga ke bagian pantat, Kemudian terdapat juga dibawah ekor, warna putih juga bisa kita lihat di bagian sayap.

c. Burung ini memiliki paruh berwarna hitam yang cukup lancip dengan ekor panjang yang melebar di ujungnya.

Perawatan

Secara umum, burung ini memang galak dan dibutuhkan keteletenen serta kesabaran dari pemiliknya. Perawatan burung ini meliputi perawatan sanggar atau kandang, makanan dan juga minuman serta setting harian.

1. Pakan

Di alam liar, Pakan Kacer ini sangat menyukai serangga, belalang, ulat bambu, cacing dan beberapa binatang kecil. Namun, para penangkar biasanya memberikan voer untuk burung ini dan memberikan beberapa makanan ekstra berupa kroto, ulat hongkong, jangkrik, orong-orong, dan lain-lain.

2. Kandang

Idealnya, kandang burung untuk Kacer berukuran antara 40 cm x 40cm x 60 cm.Selain menggunakan kandang segi empat, anda juga bisa membuat kandang melingkar yang berdiameter 40 cm dengan tinggi 60 hingga 80 cm. Di dalam sangkar anda harus menyediakan tempat nangkring berupa batang pohon atau kayu.

3. Setting Harian

Setting harian Burung Kacer Poci tidak berbeda dengan burung kicau lainnya seperti, Burung Lovebird, Burung Murai Batu, kenari, dll.

a. Pada pagi hari burung sebelum dimandikan harus diangin-anginkan terlebih dahulu, kemudian.

b. Dimandikan dengan metode keramba atau semprot. Setelah itu burung di jemur dan diangin-anginkan kembali.

c. Pada waktu burung dijemur, burung bisa diberikan extra fooding atau makanan tambahan yang bergizi seperti jangkrik makanan ekstra lainnya.

d. Burung ini juga tidak harus dikerodong. Namun, sebaiknya pada malam hari dilindungi dari pemangsa lain atau untuk lebih amannya bisa di krodong agar tidak diganggu nyamuk dan kedinginan.

Demikian isi postingan tentang Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci, semoga bermanfaat dan semoga pengetahuan anda mengenai kacer poci ini semakin dalam. Semoga sukses.

Source:
kacer poci, kacer poci mp3, suara kacer poci, pakan kacer poci, makanan kacer, pakan poci, kacer poci, poci, burung poci, burung kacer poci, kacer sekoci, sekoci, jenis, kacer, skoci, jenis burung sumatra, burung skoci, perawatan poci, cara merawat poci, cara merawat kacer, kacer mabung, harga kacer poci, kacer poci trotol.

Loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Lebih Dalam Burung Kacer Poci atau Sekoci